Our Blog post image goes here

Seminar Nasional "Isu-Isu Kontemporer Demokrasi di Negara-Negara ASEAN"

Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, FISIP UPN "Veteran" Yogyakarta kembali menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema 'Isu-Isu Kontemporer Demokrasi di Negara-Negara ASEAN", pada hari Rabu (11/4/2018) yang dilaksanakan di Ruang Seminar Agus Salim, FISIP, UPN "Veteran" Yogyakarta. Kegiatan seminar ini menjadi agenda kegiatan rutin dari Laboratorium Organisasi Internasional.

Dalam seminar ini turut menghadirkan pembicara yakni Leo Agustino PhD pakar demokrasi dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Banten, Dr Nur Rachmat Yuliantoro MA (IR) Ketua Departemen Ilmu HI Universitas Gadjah Mada serta Hikmatul Akbar MSi  salah satu dosen Hubungan Internasional UPN "Veteran" Yogyakarta. Acara ini diikuti oleh berbagai kalangan yang terdiri dari akademisi, peneliti, mahasiswa dan umum yang concern terhadap persoalan-persoalan demokrasi di negara sedang berkembang, termasuk di negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Ketua Laboratorium Organisasi Internasional Ariesani Hermawanto mengatakan, kegiatan ini difokuskan pada tema demokrasi yang telah menjadi isu penting secara global maupun regional. Karena di sejumlah negara anggota ASEAN, demokrasi telah berjalan dengan cukup dinamis yang ditandai dengan keikutsertaan rakyat secara signifikan dalam proses politik, sekaligus makin dominannya masyarakat merespon isu-isu politik yang penting. Oleh karena itu, seminar  ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang lebih mendalam mengenai isu-isu demokrasi, termasuk menguatnya peranan media sosial dalam proses politik demokrasi.