Our Blog post image goes here

Berangkat dari kesadaran tentang pentingnya kemampuan menulis ilmiah pada mahasiswa, Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) IRON FIRE UPN “Veteran” Yogyakarta mengadakan pelatihan kepenulisan ilmiah selama dua hari, yaitu pada hari Sabtu, 9 April hingga hari Minggu, 10 April 2022 dengan tema “Mengasah Skill Kepenulisan Ilmiah Mahasiswa Indonesia”. 

Pelatihan kepenulisan ini mengangkat tiga topik sekaligus, yaitu pelatihan penggunaan manajerial pustaka Mendeley dan teknik menyusun kesimpulan relevan yang terlaksana pada hari pertama, kemudian pelatihan teknik mencari data penelitian yang relevan yang terlaksana pada hari selanjutnya. Adapun semua rangkaian kegiatan diselenggarakan secara daring.

Pelatihan kepenulisan di hari pertama dipandu oleh Melaty Anggraini, M.A, seorang dosen di UPN “Veteran” Yogyakarta. Adapun materi pertama disampaikan oleh Dr.Afrianto Daud,S.Pd.,M.Ed yang merupakan seorang dosen di Universitas Riau. Beliau mengawali pelatihan dengan pemaparan materi mengenai aplikasi Mendeley dan cara mengoperasikannya. Mendeley sendiri merupakan aplikasi untuk mengelola pustaka referensi yang akan memudahkan dalam pembuatan daftar pustaka. Setelah pemaparan materi kemudian dilanjutkan dengan praktik langsung oleh tiap peserta dan narasumber kemudian mengoreksi hasil praktik peserta.

Selanjutnya, topik kedua dibawakan oleh seorang peneliti senior PSKK UGM bernama Dr.Sukamdi,M.Sc yang diawali dengan pemaparan materi mengenai bagaimana cara membuat kesimpulan yang benar. Menurut beliau, membuat kesimpulan tidak boleh sembarangan. Ada struktur serta hal-hal yang harus diperhatikan agar kesimpulan yang kita tulis relevan dengan keseluruhan topik. Setelah materi selesai, peserta diminta untuk membuat tulisan ilmiah sederhana dengan kesimpulan yang relevan mengenai topik bonus demografi. Rangkaian materi kedua ini menutup acara pelatihan di hari pertama.

Pada pelatihan hari kedua, acara dipandu oleh Danis Nur Azizah, salah satu mahasiswi Hubungan Internasional di UPN “Veteran” Yogyakarta. Materi pelatihan disampaikan oleh seorang dosen UPN “Veteran” Yogyakarta, Hestutomo Restu Kuncoro,S.IP,.MA yang membawakan materi mencari data penelitian yang relevan. Menurut beliau, sebelum mencari data atau referensi sebaiknya mahasiswa dapat menentukan rumusan masalah, dependent variable, dan independent variable terlebih dahulu. Sama seperti dua sesi pelatihan di hari sebelumnya, terdapat praktik dan tugas yang harus dikerjakan peserta guna mengukur tingkat pemahaman.

Rangkaian pelatihan kepenulisan ilmiah IRON FIRE Training 2022 pun usai setelah sesi tanya jawab dan praktik materi ketiga. Panitia berharap acara ini dapat membantu para peserta dalam menyusun tulisan ilmiah, khususnya untuk memenuhi berbagai macam tugas kuliah maupun ajang perlombaan.