Our Blog post image goes here

Pada tanggal 18-19 November 2020, Jurusan Hub.Internasional FISIP Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta mengadakan acara Sekolah Riset Berpendekatan Discourse bagi seluruh Dosen Jurusan Hubungan Internasional yang diadakan di Auditorium Hotel Grand Keisha Yogyakarta.  Acara ini diadakan untuk meningkatkan kapasitas pembelajaran para dosen khususnya bagi teori diskursus HI yang diisi oleh Dr. Eric Hiariej sebagai narasumber dan Amin Tohari sebagai moderator acara.

Diskursus merupakan pendekatan penting dalam ilmu sosial namun sejauh ini, khususnya di Indonesia, pendekatan ini masih belum umum dipakai. Situasi ini tidak cukup mengherankan terjadi mengingat pendekatan ini telah mengalami reduksi yang cukup fatal sehingga membuatnya cenderung “dijauhi”. Pertama, diskursus diidentikkan dengan sesuatu yang rumit dan berat. Kedua, diskursus masih dilihat sebagai sesuatu yang berada di awang-awang, padahal keilmuan harusnya berurusan dengan hal-hal konkrit, praktik-praktik nyata dan langsung menyentuh kebutuhan manusia. Pendekatan ini telah mendapat tuduhan sebagai yang tidak menawarkan solusi atas problem-problem konkrit. Ketiga, masih umum dipahami kalau diskursus berurusan hanya dengan soal bahasa. Ini cukup logis karena memang pada awalnya ia dimulai dari observasi terhadap bahasa sebagai praktik sosial. Lagi-lagi, anggapan ini tidak salah tetapi itu masih membayangkan diskursus tahun 1970-1980-an, dan sekarang perkembangannya sudah jauh berbeda. Lalu displin ilmu lain tidak merasa perlu mempelajari diskursus sebab ia dianggap hanya domain kajian bahasa, sastra dan studi-studi kebudayaan.

Meskipun anggapan seperti di atas masih tertanam di alam kesadaran sementara pihak namun mulai disadari adanya kebutuhan yang semakin membesar untuk mengembangkan produksi pengetahuan yang lebih tanggap terhadap persoalan dan tantangan muakhir, di mana diperlukan pendekatan-pendekatan baru yang lebih segar, tajam dan kritis. Kampus, sebagai lembaga keilmuan dituntut untuk terus mengembangkan strategi agar keberadaanya tetap relevan di tengah perubahan dunia yang sangat cepat, termasuk disini jurusan Hub.Internasional memiliki inisiatif untuk mempelajari diskursus sebagai pendekatan riset sangat tepat yang ke depannya akan coba dipraktikkan dalam tulisan dan karya ilmiah serta transfer ilmu kepada seluruh mahasiwa Hubungan Internasional.