
Profile
Kajian Organisasi Internasional (KOIN) merupakan salah satu kelompok studi mahasiswa yang secara fungsional berada di bawah naungan jurusan Ilmu Hubungan Internasional UPN ‘Veteran’ Yogyakarta, dan secara struktural berada di bawah Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI) UPN ‘Veteran’ Yogyakarta. KOIN memiliki fokus kajian tentang organisasi internasional, baik tentang isu maupun aktivitas-aktivitas organisasi internasional dalam lingkup hubungan internasional. Adapun lingkup pengkajian yang dilakukan di KOIN tidak hanya terbatas pada isu Intergovernmental Organization (IGO), namun juga isu Non-governmental organization (NGO) dan Multinational Corporation (MNC). Dalam menjalankan fungsinya sebagai kelompok studi, KSM KOIN membangun kerangka kajian dengan beberapa program diantaranya diskusi, seminar nasional, penelitian dan penulisan ilmiah. Selain itu, KOIN juga melakukan kunjungan secara langsung ke IGO/NGO, demi memperoleh informasi yang lebih mendalam terkait aktivitas dan isu-isu dari instansi terkait.
KOIN juga memiliki program kerja peningkatan kemampuan soft skill anggotanya melalui kegiatan pelatihan seperti pelatihan softskill, simulasi sidang, kepanitiaan, Latihan Dasar Kepemimpinan, dan lain sebagainya. Untuk melaksanakan berbagai program kerja KOIN dalam setiap periodenya, KOIN ditunjang oleh empat divisi utama yang masing-masing memiliki fungsi khusus yang saling bersinergi dalam upaya pelaksanaan kegiatan pengkajian dan pengembangan organisasi. Adapun empat divisi utama yang terdapat di KOIN antara lain Divisi Pendidikan, Divisi Visual-Publikasi, Divisi Riset-Data serta Divisi Komunikasi dan Jaringan.
Visi
- Menjadikan ksm koin sebagai wadah penyokong bagi pengembangan hardskill dan softskill anggota internal ksm secara khusus maupun non anggota secara umum.
- Mewujudkan ksm yang terus berinovasi memberikan kajian terbaik dalam lingkup hi
Misi
- Menguatkan kerjasama ksm koin dengan ksm lainnya dalam lingkup hi upnvy dan dengan instansi – instansi yang berkaitan dengan kajian go/ngo.
- Menciptakan organisasi yang memiliki sistem manajemen terstruktur dan efisien.
- Membangun lingkungan organisasi yang suportif bagi perkembangan anggota internal secara khusus maupun bagi non anggota/eksternal secara umum.
- Menguatkan citra atau branding ksm koin agar dikenal lebih luas oleh banyak kalangan terutama di luar lingkup hi upnvy.